Dilakukan Secara Daring, PAB PMR DKD 28 MAN 1 Yogyakarta Tetap Seru


Dilakukan Secara Daring, PAB PMR DKD 28 MAN 1 Yogyakarta Tetap Seru
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 20:39:17

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) – Pandemi tak menyurutkan semangat Peserta Didik MAN 1 Yogyakarta untuk terus melakukan aktivitas positif, termasuk anggota ekstra kurikuler Palang Merah Remaja (PMR). Organisasi siswa yang biasa disebut PMR DKD 28 ini menyelenggarakan Pelantikan Anggota Baru (PAB) secara daring (dalam jaringan), menggunakan aplikasi Google Meet, Sabtu (9/1/2021).

“Kami merancang PAB tahun ini tetap seru meski belum bisa bertatap muka secara langsung,” terang Sabrina Farhah Mumtazah, ketua PMR DKD 28 MAN 1 Yogyakarta.

Selanjutnya, Sabrina, begitu ia biasa disapa, menyampaikan bahwa sebelum pelantikan, acara diawali dengan penyampaian materi dilanjutkan dengan permainan dan sharing pengalaman bersama alumni.

Meski dilakukan secara daring, peserta tampak antusias menyimak keseluruhan materi dari Nur Achmad yang juga pelatih PMR DKD 28 MAN 1 Yogyakarta. Keseruan semakin terlihat ketika sesi permainan dan sharing bersama alumni. Karena seru dan menyenangkan, acara PAB yang dilaksanakan sekitar 5 jam seolah tak terasa. “Selain untuk melantik anggota baru, PAB kami gunakan untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota dan alumni,” ujarnya.

Guru Pembina PMR Ardhi Ardhian, S. Si. sebelum melantik menyampaikan,  bahwa kegiatan ekstrakurikuler, termasuk PMR, adalah kegiatan pengembangan diri; bagian dari kegiatan pendidikan. Dengan berorganisasi, peserta didik dilatih rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan yang akan menjadi pengiring kesuksesan mereka di kemudian hari.

Lanjut Ardhi, secara lebih spesifik, di PMR, peserta didik juga akan mempelajari keterampilan memberikan pertolongan ketika terjadi keadaan darurat. Dengan demikian, diharapkan, anggota PMR DKD 28 nantinya bisa memberikan manfaat bagi sesama. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya,” pesannya sembari menyitir salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Soeprastiyono Nugroho,M.Pd.I., menyampaikan bahwa biasanya Pelantikan Anggota Baru seluruh organisasi bidang MAN 1 Yogyakarta dilaksanakan secara bersama-sama di lingkungan madrasah.

Dikarenakan pandemi covid-19 masih belum mereda, PAB tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Meskipun demikian, ia berharap, keterbatasan ini jangan sampai mengurangi makna PAB.

Terakhir, ia mengucapkan selamat kepada anggota PMR DKD 28 MAN 1 Yogyakarta yang baru dilantik. “Untuk anggota baru PMR yangbaru dilantik diucapkan selamat. Semoga dapat berkontribusi untuk madrasah dan masyarakat; terutama membantu pencegahan penularan covid-19 dan selalu mengampanyekan 4 M (Menjaga Jarak,Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menghindari Kerumunan),” pungkasnya diiringi doa semoga pandemi ini segera berlalu dan kegiatan bisa berjalan seperti sedia kala. (whd/dzl)

Informasi PPDB MAN 1 Yogyakarta bisa dilihat di www.ppdb-man1yk.com

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 242

Bagikan