Mantapkan Program SKS, MAN 4 Bantul Sharing ke SMANSABA


Mantapkan Program SKS, MAN 4 Bantul Sharing ke SMANSABA Waka dan Staf Kurikulum MAN 4 Bantul saat Silaturahmi ke SMA 1 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 15:44:22

Bantul (MAN 4 Bantul) - Program SKS MAN 4 Bantul merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan dimana siswa dapat menentukan beban belajar tiap semester sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. Program ini dimulai pada tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan Layanan SKS memberikan layanan kepada siswa agar dapat menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya.

Memasuki semester kedua beberapa tahapan perlu disiapkan agar layanan ini benar-benar mantap dan manfaat untuk siswa serta orang tua. Upaya menjalin komunitas penyelenggara SKS di MAN 4 Bantul terus dilakukan. Salah satunya adalah bertukar pikiran dengan kurikulum SMA 1 Bantul. Waka Kurikulum MAN 4 Bantul Rusli Farida didampingi dua staf kurikulum Neny Iryani, dan Eny Shofia pada hari Jumat (8/01) silaturahmi ke SMA 1 Bantul yang ditemui langsung oleh Yanti Widjiastuti, M.Pd. selaku koordinator penyelenggara SKS.

Mantapkan Program SKS, MAN 4 Bantul Sharing ke SMANSABA

Selaku koordinator penyelenggara program SKS di SMA 1 Bantul Yanti menjelaskan bahwa, dalam mempersiapkan siswa setelah satu semester berjalan, perlu dilakukan perekrutan peserta SKS atau seleksi awal, jadi tidak ada test ulang. Semua akan berjalan alami dan akan terseleksi dengan berjalannya waktu.

Selanjutnya Yanti menjelaskan,” Jangan lupa untuk meminta persetujuannya orang tua dalam pernyataan tertulis sanggup mengikutsertakan anaknya untuk mengikuti program SKS. Jadi program SKS ini bukan ambisi sekolah/madrasah,” ujar Yanti.

Lebih lanjut Yanti mengatakan,” Dalam layanan SKS kepala sekolah/madrasah harus memback up program ini agar berjalan lancar, dengan mengecek pelaksanaan guru dalam menyelesaikan KD. Sehingga program SKS tetap berjalan meskipun kepala sekolah/madrasahnya ganti,” kata Yanti.

Di akhir diskusi Yanti berpesan untuk tetap semangat dalam melaksanakan program SKS meskipun banyak kendala dalam pelaksanaannya, semua akan berjalan secara alami. Sementara itu, Rusli Farida selaku Kurikulum MAN 4 Bantul mengucapkan terima kasih kepada SMA 1 Bantul yang banyak memberikan arahan sekaligus saran kepada MAN 4 Bantul. “Semoga dengan pertemuan ini pelaksanaan program SKS di MAN 4 Bantul diberikan kelancaran sesuai dengan amanah yang telah diberikan oleh Kementerian Agama DIY dengan sebaik-baiknya demi mewujudkan madrasah hebat bermartabat,” ungkap Rusli. (sam/ica)

 

 

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 162

Bagikan