Kankemenag Bantul Acungi Jempol Kinerja UPZ MAN 4 Bantul


Kankemenag Bantul Acungi Jempol Kinerja UPZ MAN 4 Bantul Sambutan KanKemenag Bantul saat Milad MAN 4 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 15:34:16

Bantul (MAN 4 Bantul) - Dalam rangka melaksanakan perintah Allah SWT agar kita melaksanakan zakat dan menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor B-1770.1/Kw.12.6/BA.03.2/07/2020 tanggal 7 Juli 2020, perihal Penunaian Zakat Profesi/Pendapatan, menyebutkan bahwa ASN Muslim di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul wajib menunaikan zakat penghasilan dari gaji dan tunjangan lainnya sebesar 2,5%, yang dikeluarkan pada saat penerimaan setiap bulannya.

Singgih Sampurno selaku Kepala MAN 4 Bantul menjelaskan bahwa, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, secara mutlak mempunyai tanggungjawab penuh untuk melakukan pengumpulan zakat melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang telah dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bantul. Pelaksanaan UPZ MAN 4 Bantul guru dan pegawai dimulai dari pengumpulan, pengelolaan, pendistribusian, dan pelaporannya. Adapun potensi zakat (penghasilan) pegawai MAN 4 Bantul mencapai  Rp 6.453.278,00 (Enam Juta Empat Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Dua Ratus Tujuh Puluh Delapan) pada setiap bulannya yang terakumulasi dari 36 jumlah pegawai (ASN) dengan asumsi perhitungan gaji dan tunjangan lainnya dipotong 2,5% untuk zakat penghasilan. Dengam demikian, zakat penghasilan pegawai (ASN) MAN 4 Bantul setiap tahunnya rata-rata terkumpul Rp 77.439.336,00 (Tujuh Puluh Tujuh Juta Empat Ratus Tiga Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Tiga Puluh Enam Ribu Rupiah).

Kankemenag Bantul Acungi Jempol Kinerja UPZ MAN 4 Bantul

Selanjutnya selaku Kepala Madasah Singgih menjelaskan bahwa, menurut peraturan BAZNAS Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat secara tegas menjelaskan bahwa dana zakat yang berhasil dihimpun oleh UPZ harus disetorkan kepada BAZNAS (100%) dan oleh BAZNAS paling lambat 5 (lima) hari harus ditasyarufkan kembali kepada UPZ sebesar 70%. Adapun pendistribusian dana zakat yang ditasyarufkan oleh BAZNAS kepada UPZ MAN 4 Bantul sebanyak 70% perlu ditetapkan/disyahkan agar menjadi pedoman pihak-pihak yang berkaitan dengan mekanisme pestasyarufan sebagaimana telah diatur dalam perundang-undangan.

Terlaksananya UPZ di MAN 4 Bantul, diapresiasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Bapak H. Aidi Johansyah, S.Ag, M.M saat memberikan samputannya pada saat Milad MAN 4 Bantul hari Rabu (6/01). Dalam sambutannya H. Aidi Johansyah mengatakan bahwa MAN 4 Bantul merupakan madrasah paling cepat menindaklanjuti mandatoring Kementerian Agama tentang pelaksanaan UPZ.

Selanjutnya selaku KanKemenag Bantul H. Aidi Johansyah berharap MAN 4 Bantul di usia yang ke 52 prestasinya lebih baik lagi. “Semoga slogan Prestasi Sebagai Tradisi menjadi doa menuju madrasah hebat bermartabat,” ungkap Aidi Johansyah di akhir sambutanya. (sam/ica)

 

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 113

Bagikan