Siapkan Diri, Siswa MTsN 9 Bantul Ikuti Simulasi Asesmen Nasional


Siapkan Diri, Siswa MTsN 9 Bantul Ikuti Simulasi Asesmen Nasional
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 11:05:03

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Asesmen Nasional sebagai kebijakan baru dari Kemendikbud perlu disosialisaikan kepada siswa maupun orang tua. Meskipun pelaksanaannya secara random tetapi persiapan harus dilakukan oleh sekolah/madrasah.

Dalam rangka mengenalkan sekaligus mempersiapkan siswa menghadapi Asesmen Nasional, MTsN 9 Bantul menggelar Simulasi Asesmen Nasional bagi siswa kelas VIII. Simulasi digelar Jumat (08/01/2021) seara online.

Siapkan Diri, Siswa MTsN 9 Bantul Ikuti Simulasi Asesmen Nasional

“Kami menggandeng Edubrand dalam mengenalkan dan mempersiapkan siswa mengikuti Asesman Nasional. Melalui kegiatan simulasi ini siswa dikenalkan bagaimana cara menginstal aplikasi, memulai mengerjakan asesmen hingga mengakhirinya. Sehingga saat pelaksanaan tryout nanti siswa tidak merasa canggung,” ungkap Kepala Madrasah, Nur Hasanah Rahmawati.

Dalam pesan singkatnya melalui WattshAp (WA)  pihak Edubrand menyampaikan langkah-langkah simulasi yang harus dilakukan oleh proktor/teknisi maupun siswa. Untuk proktor diawali dari login, memasukkan id server simulasi, memasukkan password, lalu masuk, klik status tes, pilih hari dan sesi, klik mulai ujian, memantau status tryout siswa, dan klik akhiri ujian. Sedangkan untuk siswa diawali dengan menginstall aplikasi kemudian dilanjut memulai tryout sesuai petunjuk pelaksanaan (memasukkan password hingga mengakhiri ujian).

Pra pelaksanaan simulasi, Amin Iskandar selaku proktor menyampaikan kartu peserta kepada siswa. “Setiap siswa dapat mendowonload sendiri kartu pesertanya melalui link yang kami bagikan kepada wali kelas,“ ujarnya.

Alhamdulillah pelaksanaan simulasi berjalan lancar meskipun belum 100% siswa mengikuti simulasi yang dibagi menjadi tiga sesi ini.  “ Sesi 1 07.30-08.30WIB dari 50 peserta hanya hadir 45 orang, sesi 2 08.45-09.45WIB hadir semua dari 48 orang, dan sesi 3 10.00-11.00WIB dari 29 orang peserta ada 1 siswa yang tidak hadir,” ungkap Noor Shofiyati, Waka Kurikulum. (nsh)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 145

Bagikan