Unit Kegiatan Belajar Mandiri MAN 2 Yogyakarta Sebagai Penyelenggara Pelayanan SKS


Unit Kegiatan Belajar Mandiri MAN 2 Yogyakarta Sebagai Penyelenggara Pelayanan SKS Siswa menerima UKBM dari Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd didampingi Wali kelas Zus'an Arintaka, M.A
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 11:02:25

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta salah satu Penyelenggara SKS (Sistem Kredit Semester) di tahun 2020. Sebagai Penyelenggara pelayanan SKS maka memfasilitasi kemampuan belajar masing-masing siswa baik cepat ataupun cukup cepat. Dalam hal ini dituntut setiap guru kelas X membuat UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) sebagai pendamping buku paket untuk sumber belajar siswa.

Pengambilan UKBM siswa kelas X, dijadwalkan dengan penerapan prokes Covid-19. Selama empat hari digilir dan dua sift dari kelas X MIPA, XIPS, XIBB, X Keagamaan. Pengambilan didampingi wali kelas masing -masing kelas. Dengan adanya UKBM, maka kemampuan masing-masing siswa dapat terlayani. Hal ini salah satu program kurikulum dengan Wakaurnya, Fajar Basuki, S.Pd. Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa sangat mendukung kegiatan ini sekaligus mengawal sampai program ini sukses. UKBM dikoordinir Tim SKS MAN 2 Yogyakarta dengan ketua, Hastuti Praptiningsih, S.Pd, M.Pd.

Unit Kegiatan Belajar Mandiri MAN 2 Yogyakarta Sebagai Penyelenggara Pelayanan SKS

Unit Kegiatan Belajar Mandiri MAN 2 Yogyakarta Sebagai Penyelenggara Pelayanan SKS

UKBM merupakan satuan pelajaran yang kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai ke yang sukar. UKBM sebagai perangkat belajar bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) sekaligus sebagai wahana peserta didik untuk menumbuhkan kecakapan hidup Abad 21 seperti berpikir kritis, bertindak kreatif, bekerjasama, dan berkomunikasi, serta tumbuhnya budaya literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Melalui UKBM kita juga dapat mengembangkan strategi pembelajaran mandiri yang membantu peserta didik mencapai ketuntasan belajar. Untuk itu, UKBM sangat penting untuk dikembangkan oleh guru mata pelajaran pada sekolah penyelenggara SKS.

Pijakan utama pengembangan UKBM adalah Pedoman Penyelenggaraan SKS dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Tuntas yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud Tahun 2017. Di dalam pedoman dan panduan tersebut disebutkan bahwa setiap peserta didik harus mencapai ketuntasan secara individual terhadap keseluruhan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran dalam pelaksanaan layanan utuh pembelajaran melalui UKBM. Agar para guru di sekolah penyelenggara SKS dapat mengembangkan UKBM dengan baik, maka Direktorat Pembinaan SMA merasa perlu untuk menyusun Panduan Pengembangan UKBM. (pus)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 176

Bagikan