MTsN 9 Bantul Ikuti Bimtek Tryout Asesmen Nasional


MTsN 9 Bantul Ikuti Bimtek Tryout Asesmen Nasional
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 10:39:56

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, Kemdikbud membuat kebijakan baru berupa Asesmen Nasional yang meliputi Asesmen Kompetensi Minimal, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

Guna mengenalkan kebijakan baru ini MTsN 9 Bantul bekerja sama dengan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs DIY dan Edubrand berencana menggelar Tryout Asesmen Nasional. “Kami bersama KKM menggandeng Edubrand untuk mengenalkan Asesmen Nasional kepada siswa. Rencananya tryout akan digelar tanggal 11-12 Januari 2021,” ungkap Kepala Madrasah, Nur Hasanah Rahmawati.

MTsN 9 Bantul Ikuti Bimtek Tryout Asesmen Nasional

Rangkaian kegiatan ini diawali dari pendataan madrasah peserta, Bimbingan Teknis (Bimtek), entri peserta ke server edubrand, simulasi tryout, serta pelaksanaan tryout.

MTsN 9 Bantul mengirimkan dua guru, Noor Shofiyati (Waka Kurikulum) dan Amin Iskandar (Proktor) dalam bimtek yang digelar Selasa (05/01/2021). “Hal-hal terkait teknis pelaksanaan simulasi maupun tryout Asesmen Nasional dijelaskan dalam bimtek ini. Mulai dari bagaimana menginstal aplikasi hingga memulai dan mengakhiri asesmen,” papar Amin Iskandar.

Rencananya ada tiga sesi dalam tryout ini: sesi 1 07.30-09.30WIB. sesi 2 10.00-12.00WIB, dan sesi 3 13.00-15.00WIB. “Selepas bimtek ini kami akan membuat angket pemilihan sesi oleh siswa agar mereka benar-benar siap saat tryout nanti,” imbuh Noor Shofiyati.

Asesmen Nasional ini nantinya tidak lagi mengevaluasi pencapaian murid secara individu tapi memetakan kualitas input, proses, dan hasil yang mencerminkan kinerja sekolah/madrasah. (nsh)

 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 105

Bagikan