Tiga Tim Inti Madrasah (TIM) MTsN 9 Bantul Selesaikan Bimtek e-RKAM dengan Lancar


Tiga Tim Inti Madrasah (TIM) MTsN 9 Bantul Selesaikan Bimtek e-RKAM dengan Lancar
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 08:53:03

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Tiga Tim Inti Madrasah (TIM) MTsN 9 Bantul, terdiri dari Kepala Madrasah, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M.; Bendahara, Slamet; dan satu staf, Dwiyanti berhasil menyelesaikan bimtek e-RKAM dengan lancar, Senin (04/01/2021) s.d. Jumat (08/01/2021). Bimtek e-RKAM (Rencana Kerja Anggaran Madrasah Online) yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag DIY ini dilaksanakan secara daring karena adaptasi masa pandemi Covid 19. 

Menurut Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, meskipun online, materi yang disampaikan narasumber cukup jelas, dapat dipahami, serta mudah diaplikasikan. Selain teori, peserta diminta langsung mempraktikkan aplikasi e-RKAM sebagai latihan. 

Atik menambahkan, tidak ada kendala berarti bagi ketiga peserta dari MTsN 9 Bantul, karena saling bekerja sama selama bimtek. Ketiganya berada di satu ruang dari awal hingga akhir sehingga bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Semua tagihan pun dapat dikerjakan dengan baik. 

Nur Huda, M.SI., Kepala Seksi Kelembagaan pada sesi penutupan menyampaikan rasa syukur dan bangga atas partisipasi seluruh peserta.

"Saya bersyukur dan bangga atas antusiasme para kepala madrasah, bendahara, dan staf dalam mengikuti bimtek selama 5 hari ini. Semoga bimtek e-RKAM ini bisa memberi panduan awal bagi Tim Inti Madrasah untuk nantinya bisa menerapkan aplikasi tersebut," ungkapnya. 

Salah satu peserta dari MTsN 9 Bantul pun mengungkapkan bahwa sebenarnya aplikasi e-RKAM tidak rumit untuk digunakan.

"Aplikasi ini tidak rumit, tapi perlu praktik berkali-kali sebelum benar-benar digunakan," tutur Dwiyanti, "semoga dalam pelaksanaanya nanti tetap ada pendampingan dari Kanwil, supaya jika ada kendala bisa dikonsultasikan," imbuh peserta paling aktif tersebut. 

Atik berharap bahwa dengan adanya aplikasi e-RKAM tersebut, perencanaan pembiayaan dan kegiatan di madrasah lebih terstruktur dan terkonsep sejak awal.

"Pembiayaan berbasis aplikasi ini diharapkan bisa lebih memudahkan madrasah untuk merencanakan kegiatan lebih detail," tutupnya. (nhr) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 168

Bagikan