Kuatkan Mental Spiritual, Siswa MAN 1 Yogya Aktifkan Salat Tahajud dan Subuh


Kuatkan Mental Spiritual, Siswa MAN 1 Yogya Aktifkan Salat Tahajud dan Subuh
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-09 06:49:19

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam rangka menguatkan mental spiritual untuk menghadapi ujian akhir dan persiapan masuk perguruan tinggi negeri  melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer(UTBK), siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Yogykarta mengaktifkan sholat Tahajud dan Subuh berjamaah, yang dilakuan di rumah masing-masing.

Tentu hal ini merupakan kegiatan yang positif dan inspiratif bagi para siswa lainnya. Wali Kelas XII IPS Sary Sutarsih, S.Pd menjelaskan, Inisiatif pelaksanaan Sholat Tahujud dan Subuh ini berasal dari siswa anggota kelas yaitu Najla Hikmalia Dhiyaa Ulhaq.

Alasan memilih waktu sholat Tahajud dan Subuh itu merupakan waktu mustajab untuk berdoa mengingat para siswa saat ini membutuhkan penguatan mental spiritual untuk menghadapi Ujian Akhir dan persiapan masuk perguruan tinggi.

Ungkap Bu Sary, demikian sapaan akrabnya, ide ini muncul pada saat wali kelas melakukan pembinaan kepada pengurus kelas, dan langsung mendapatkan sambutan positif dari pengurus kelas lainnya. Sehingga dibentuklah tim "oprak-oprak" yang bertugas untuk membangunkan teman-teman mereka pada pukul 03.00 WIB, via telepon seluler atau grup whatsapp.

Kemudian untuk monitoring keaktifan siswa dalam kegiatan ini, apabila mereka mau mengangkat telpon saat dibangunkan dan menyatakan sanggup untuk melaksanakan Sholat Tahajud Sholat Subuh.

"Alhamdulillah pada hari pertama pelaksanaan dapat diikuti oleh 85% anggota kelas,"terangnya, Jumat (08/01/2021) sore.

"Ini ide positif, semoga pelaksanaan kegiatan sholat Tahajud dan Subuh tersebut terus berlanjut dan diikuti seluruh siswa dengan ikhlas dan menjadi sebuah pembiasaan positif," pungkasnya. (sas/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 149

Bagikan