UPZ MTsN 2 Bantul Tasyarufkan Zakat Ke Mustahiq


UPZ MTsN 2 Bantul Tasyarufkan Zakat Ke Mustahiq Kepala MTsN 2 Bantul Musa Surahman, S.Ag. sedang mentasyarufkan zakat dari BAZNAS dan UPZ Kemenag Bantul kepada salah satu perwakilan mustahiq di halaman MTsN 2 Bantul sebagai rangkaian kegiatan HAB Kemenag Ke-75 (Dok: Nurhadi, S.Ag).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-08 17:09:08

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-75, MTsN 2 Bantul menggelar aneka kegiatan. Salah satu kegiatan yang digelar Selasa (5/1) di Halaman madrasah adalah pentasyarufan Zakat oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) MTsN 2 Bantul. Pentasyasarufan zakat senilai total Rp. 23.327.900 bersumber dari Badan Amiz Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bantul sebesar Rp. 15.327.900 dan UPZ Kementerian Agama Kabupaten Bantul tahun 2020 sebesar Rp. 9.000.000.

Menurut Wiwik Muslimatun, S.Pd.I. selaku salah satu pengurus UPZ MTsN 2 Bantul, mustahiq atau penerima zakat adalah siswa dhuafa MTsN 2 Bantul kelas 7 – 9, Guru/Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT) MTsN 2 Bantul, Masyarakat sekitar madrasah, dan muallaf. Penyaluran dibagi menjadi dua bagian. Pertama dari BAZNAS dengan besaran senilai Rp. 210.000 per mustahiq. Rincian penerima yaitu 46 siswa, 10 masyarakat sekitar madrasah, 11 GTT/PTT, dan 1 muallaf. Kedua dari UPZ Kemenag dengan besaran senilai Rp. 200.000 per mustahiq. Rincian penerima yaitu 39 siswa dan 6 masyarakat sekitar madrasah.

Pentasyarufan dilaksanakan dengan memenuhi protokol covid-19 di halaman madrasah dengan mengundang perwakilan mustahiq yaitu 3 orangtua beserta siswa yaitu Ganis Garzela Jovina Putri (kelas 7), Siti Nur Aisya (kelas 8), Satria Nugroho (kelas 9) dan salah satu masyarakat sekitar madrasah Anikmah Alcipto. Pentasyarufan kepada para mustahiq diwakili oleh Kepala Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, S.Ag.

Musa Surahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mustahiq telah berkenan hadir untuk menerima zakat di halaman MTsN 2 Bantul. Musa berharap zakat yang diterima bisa bermanfaat dan barokah untuk para mustahiq. Selain itu Musa turut mendoakan semoga zakat yang telah ditunaikan oleh mereka yang telah menyisihkan sebesar 2,5 % dari pendapatan diterima oleh Allah SWT dan dilipatgandakan rezekinya. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama (jkp).

 

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 138

Bagikan