Tingkatkan Kinerja Operator KUA, Kemenag DIY Gelar Bimtek Laporan dan Database


Tingkatkan Kinerja Operator KUA, Kemenag DIY Gelar Bimtek Laporan dan Database Kakanwil Edhi Gunawan didampingi Kabid Urais dan Binsyar sampaikan materi.
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-04-24 07:52:05

Yogyakarta (Inmas DIY)--Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) menggelar Bimbingan Teknis Laporan dan Database Bimbingan Perkawinan. Kegiatan dilaksanakan Selasa-Rabu (23-24/04) di Ruang Rapat Kemenag DIY Jalan Sukonandi 8 Yogyakarta. 

 

Kakanwil Edhi Gunawan mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab bimtek seperti ini merupakan langkah optimalisasi kemajuan teknologi. "Dengan memanfaatkan teknologi pekerjaan akan menjadi cepat dan mudah," tandas Kakanwil. 

 

Selanjutnya, Kakanwil juga berpesan agar KUA yang merupakan etalase Kemenag dapat semakin dekat dengan masyarakat untuk menjaga suasana kondusif, kebersamaan dan kerukunan umat. "DIY merupakan barometer nasional dalam mengawal situasi tetap damai pascapemilu," jelas Kakanwil. 

 

Sementara dalam laporannya Kabud Urais dan Binsyar Nadhif menyampaikan bahwa sejak 2017 Kemenag DIY telah merevitalisasi kegiatan kursus calon pengantin (suscatin) dan kursus pranikah menjadi Bimbingan Perkawinan (Bimwin). 

 

"Bimwin pada tahun 2018 dilakukan kepada 4.747 pasangan, sedangkan tahun 2019 diperuntukkan bagi 5.000 pasang calon pengantin se-DIY," ujarnya. Untuk memantau pelaksanaan Bimwin dan memudahkan pelaporan, tambah Nadhif, Kemenag telah membuat aplikasi pelaporan Bimwin. "Termasuk kegiatan Bimte ini untuk mempersiapkan tenaga operator di KUA," sambung Nadhif. 

 

Kasi Kepenghuluan Nur Ahmad Ghojali menambahkan bahwa materi bimtek langsung disampaikan oleh narasumber pusat. "Disampaikan dari jajaran Ditjen Bimas Islam yakni Abdul Mu'thi Safiq dan Barakah Indah Sari sehingga mengetahui secara langsung hambatan dan kendala yang ada di KUA," kata Nur Ahmad Ghojali. (gho/bap)  

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 543

Bagikan