MAN 3 Sleman Hadirkan Hanum Salsabiela Rais Dalam Launching Buku Trilogi Literasi


MAN 3 Sleman Hadirkan Hanum Salsabiela Rais Dalam Launching Buku Trilogi Literasi Hanum bangga dengan karya siswa Mayoga
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-07 11:01:20

Sleman (MAN 3 Sleman) – Dalam rangkaian Peringatan Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama, MAN 3 Sleman meluncurkan Buku Trilogi Literasi, karya siswa, guru, dan pegawai Mayoga. Buku dalam bentuk antologi ini terbagi ke dalam tiga karya, yakni The Days of Covid-19 (Antologi Cerpen), Menembus Corona Meretas Asa (Antologi Kisah Inspiratif), dan Derana (Antologi Puisi). Sekaligus juga peluncuran antologi karya Guru Pegawai Mayoga, dengan judul Selembar Saja pada Senin (4/1/2021).

Acara peluncuran buku Trilogi Literasi ini dipusatkan di Perpustakaan Mayoga dan secara resmi dilaunching oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I secara virtual. Dan selain memanfaatkan media Zoom, kegiatan ini juga disiarkan melalui live streaming di kanal Youtube, yang dapat diikuti oleh siswa, guru, pegawai, orang tua siswa, dan masyarakat umum.

MAN 3 Sleman Hadirkan Hanum Salsabiela Rais Dalam Launching Buku Trilogi Literasi

MAN 3 Sleman Hadirkan Hanum Salsabiela Rais Dalam Launching Buku Trilogi Literasi

Acara yang mengangkat tema “Menyemai Literasi Menuju Generasi Cerdas Islami”, ini semakin semarak dengan hadirnya Drg. Hj. Hanum Salsabiela Rais, MBA, seorang penulis buku-buku best seller sebagai narasumber dalam acara Motivasi Literasi. Meski secara vitual, namun tidak mengurangi sedikitpun semangat dan antusiasme peserta untuk bisa bertemu dengan narasumber.

Mengawali karir sebagai seorang dokter gigi, jurnalis, presenter, reporter dan produser film, kini Hanum juga terjun menjadi seorang politikus sebagai anggota DPRD DIY di komisi B. Meski kini Hanum berkecimpung di dunia politik, namun ia tidak pernah melupakan akar sejarahnya sebagai seorang penulis. Hal ini seperti yang disampaikan Hanum dalam motivasinya.

”Walaupun memang saat ini saya berkhidmat di dunia politik, namun saya tidak akan melupakan akar sejarah saya, yaitu sebagai seorang penulis. Dan Alhamdulillah, dari tulisan saya telah banyak yang filmkan juga. Dan saat ini saya sedang mengerjakan buku “Sangkakala di Andalusia”. Semoga nanti teman-teman disini bisa ikut membacanya,” ucap Hanum seperti terlihat di layar.

Dalam motivasinya, Hanum pun berbagi trik bagaimana ia menulis. Salah satunya adalah di saat menulis, yang ada hanyalah dirinya dengan laptop saja, tidak ada benda atau siapapun disitu. Karena menurutnya, pekerjaan menulis itu adalah pekerjaan yang solitaire (sendiri), jadi tidak mungkin dilakukan secara berkerumun atau keroyokan.

“Menulis itu sebuah pekerjaan yang sangat membutuhkan kesendirian, berbeda dengan pekerjaan menyanyi atau nge-band yang membutuhkan audience sebagai pendukungnya. Namun dalam konteks menulis itu bahkan tidak ada wifi, no internet, tidak ada makanan, yang ada hanyalah laptop dan diri kita sendiri,” terang putri Amien Rais ini.

“Fokuslah saat sedang menulis, jauhkan diri dari internet, medsos, hindari kepoin story teman, dan kalau saya bahkan sering memakai headset tanpa suara agar bisa lebih fokus, karena bagi saya, suara atau musik itu juga dapat mengganggu cara berpikir, konsetrasi, dan kefokusan  saat menulis,” pesan Hanum dalam materinya.

Sementara itu, Mucharom, S.Ag., M.SI., Waka Humas MAN 3 Sleman yang sekaligus ketua panitia kegiatan Book Launching menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Hanum Salsabiela Rais yang telah berkenan untuk memberikan motivasi dan insprasi kepada segenap warga Mayoga. Mucharom juga berharap bahwa dengan menghadirkan Hanum Salsabiela Rais ini, mudah-mudahan akan menjadi inspirasi dan amunisi baru dalam menulis sehingga kelak akan terlahir Hanum-Hanum berikutnya dari siswa Mayoga. (Rta/Zan)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 87

Bagikan