Bertekad Tingkatkan Kualitas SDM, Kanwil Kemenag DIY Luncurkan HRD Center


Bertekad Tingkatkan Kualitas SDM, Kanwil Kemenag DIY Luncurkan HRD Center
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-01-06 12:04:04

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) – Upaya serius untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut ditandai dengan mulai dioperasikannya Human Resources Development (HRD) Center yang secara langsung dilaunching oleh Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I, Rabu (6/12/2021). Pada hari yang sama juga dilakukan assesmen kompetensi pejabat administrasi.

Dalam sambutannya Edhi Gunawan mengungkapkan inovasi yang dilakukan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. “Dengan adanya HRD Center proses pengambilan kebijakan terkait dengan mutasi dan rotasi akan lebih dapat dipertanggungjawabkan sesuai kompetensi masing-masing,” ungkap Edhi.

Bertekad Tingkatkan Kualitas SDM, Kanwil Kemenag DIY Luncurkan HRD Center

Ia pun mengungkapkan pada tahun 2021 ini HRD Center akan langsung beroperasi. Keberadaan HRD Center akan membantu mempercepat penataan struktur organisasi yang saat ini terus berlangsung. Selama ini Kanwil Kemenag DIY menjadi acuan bagi satuan kerja daerah-daerah lain. Sehingga harus mampu memberikan contoh yang terbaik.

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha, HM. Wahib Jamil, M.Pd. dalam laporannya menyebutkan HRD Center tidak hanya untuk keperluan assesmen tetapi juga memiliki fungsi strategis lain. “HRD Center akan berguna untuk melakukan assesmen kompetensi melihat sejauh mana kompetensi yang dimiliki masing-masing aparatur sipil Negara (ASN). Selain itu juga untuk assesmen para pegawai dari luar DIY yang mengajukan mutasi masuk DIY,” terang Wahib Jamil.

Ia menambahkan, ke depan, HRD Center juga memiliki fungsi untuk konsultasi, edukasi serta publikasi. Sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Kanwil Kemenag DIY yang pada akhirnya membawa perbaikan layanan kepada masyarakat.

Terkait assesmen, Wahib menyebutkan diikuti 82 orang dari unsur jajaran eselon 4, pejabat yang telah mengikuti penyetaraan jabatan, serta unsure Pendidikan, Bimas Islam dan Bimas Kristen. Berlangsung selama dua hari, 6-7 Januari 2021. Tim aseso berasal dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (eko)

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 284

Bagikan