Tumbuhkan Kepedulian Kepada Sesama, MIN 12 Gunungkidul Laksanakan Kurban


Tumbuhkan Kepedulian Kepada Sesama, MIN 12 Gunungkidul Laksanakan Kurban
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-14 15:22:01

Ngawen (MIN 12 Gunungkidul) - Hari raya Idul Adha 1440 H dilaksanakan di MIN 12 Gunungkidul dengan penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban. Acara dimulai pada pukul 08.10 WIB dan penyembelihan terakhir berlangsung pada pukul 13.30 WIB. Penyelenggaraan acara ini merupakan tahun ke-12  “Tujuan dari perayaan Idul Adha ini adalah sebagai bagian dalam kegiatan keagamaan untuk membuka kesempatan bagi mereka yang sudah memiliki kelapangan rezeki untuk berkurban,” ujar Ketua Panitia Kurban Ya’sin Purnomo kepada Tim Jurnalis MIN 12 GK.

“Pelaksanaan Idul Adha agar bernilai ibadah harus ada niat, Niat berkurban di hari raya Idul Adha perlu ditumbuh kembangkan sejak dini, mengingat keikhlasan berkurban merupakan perintah Allah untuk menguji ketaatan hambaNya”, Tegas M. Abdul Salam selaku Kamad MIN 12 Gunungkidul. Berkenaan dengan pentingnya penanaman kesadaran dalam berkurban, MIN 12 Gunungkidul mengajak para Guru, Karyawan dan para siswa untukmelaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan penyembelihan hewan kurban di madrasah Selasa (13/8/2019).  

Tumbuhkan Kepedulian Kepada Sesama, MIN 12 Gunungkidul Laksanakan Kurban

Tumbuhkan Kepedulian Kepada Sesama, MIN 12 Gunungkidul Laksanakan Kurban

Tumbuhkan Kepedulian Kepada Sesama, MIN 12 Gunungkidul Laksanakan Kurban

Sebelum perayaan Idul Adha siswa MIN 12 Gunungkidul mengadakan tabungan kurban bagi seluruh siswa. Di awal tahun ajaran 2018/2019, siswa mulai menabung kurban sampai seminggu sebelum pelaksanaan Idul Adha 2019. Fitri Utami Widyastuti selaku Seksi Bidang Kesiswaan MIN 12 Gunungkidul menyatakan bahwa tabungan kurban bertujuan melatih siswa untuk berkurban dari uang saku yang dimilikinya.

Dalam perayaan Idul Adha tahun ini, Panitia Kurban MIN 12 Gunungkidul  menerima 5 ekor kambing. “Menurut data panitia, Hewan kurban berasal dari 1 ekor dari tabungan kurban siswa, guru dan karyawan, 1 ekor dari PT Sukses Mandiri Utama, 1 Ekor dari SPMAA Wonosari,Jurangjero,Ngawen dan 2 ekor dari YAUMU (Yayasan Ukuwah Mu’alaf) Banteng Raya III Sleman,” kata Slamet H.

Penyerahan hewan kurban dari PT Sukses Mandiri Utama berupa 1 ekor kambing diterima oleh Siti Mahmudah selaku perwakilan MIN 12 Gunungkidul pada hari Senin (12/8).  Hewan Qurban berupa 1 ekor kambing dari SPMAA Wonosari Jurangjero diterima oleh Wasimin selaku perwakilan MIN 12 Gunungkidul. Sedangkan 2 ekor kambing dari YAUMU Banteng Sleman di berikan kepada  MIN 12 Gunungkidul yang diterima oleh Slamet H di kantor YAUMU Banteng Sleman.”Kami berharap kerjasama MIN 12 Gunungkidul dengan YAUMU bisa terjalin di tahun-tahun berikutnya, sehingga tali shilaturahim tetap terjalin dan keikhlasan kami dari YAUMU bisa bermanfaat bagi MIN 12 Gunungkidul”, ungkap Mujirejo selaku Pengurus YAUMU Selasa(13/8).

“Kami ucapkan terima kasih atas pemberian hewan kurban, semoga keikhlasan dalam pemberian ini menjadi amal kebaikan seluruh keluarga besar YAUMU Banteng III Sleman , diterima sebagai amal ibadah oleh Allah SWT dan semoga semakin sukses,” ungkap Slamet H saat menerima hewan kurban dari Mujirejo.  

Sebelum penyerahan hewan kurban dari YAUMU, hewan disembeleh di YAUMU dengan disaksikan oleh shohibul kurban dan pihak kesehatan dari UGM. Setelah disembeleh  diperiksa bagian hati hewan dan dinyatakan sehat, kemudian diserahkan ke Panitia MIN 12 Gunungkidul.  

Sementara kegiatan di MIN 12 Gunungkidul, Panitia dan para siswa melakukan penyembelihan dan pencacahan daging hewan kurban yang telah disembelih. Prosesi penyembelihan dilakukan oleh Ustadz Karjo juga selaku karyawan MIN 12 Gunungkidul. “ Pelaksanaan Idul Adha harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang dituntunkan oleh Rosulullah dan sangat perlu ditanamkan kepada para siswa, sehingga tahu betul tata cara, hikmah dan manfaat berkorban, tidak hanya menunggu menikmati masakan kurban saja” ujar Ustadz Karjo

Selesai pelaksanaan kegiatan kurban, para siswa menikmati hewan kurban dengan beberapa masakan diantaranya masakan gulai dan tengkleng. Selain itu penyerahan daging kurban kepada siswa dan masyarakat sekitar MIN 12 Gunungkidul, sehingga penyaluran daging kurban dari shohibul kurban tersalurkan kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Madrasah M. Abdul Salam, S.Pd.I menyampaikan program berbagi hewan kurban merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk menanamkan nilai nilai dasar keikhlasan dan mengembangkan karakter senang berbagi kebahagiaan dengan orang lain/masyarakat. “Setiap tahun kita ambilkan dana infaq siswa untuk dibelikan hewan kurban dengan diatas namakan siswa, guru dan karyawan yang ditunjuk untuk diserahkan ke masyarakat sekitar madrasah,” pungkas M. Abdul Salam. (slm).

Kontributor : MIN12GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 178

Bagikan