Kabid Nadhif: Bersama Kita Kuatkan Ketahanan Keluarga dengan Akida


Kabid Nadhif: Bersama Kita Kuatkan Ketahanan Keluarga dengan Akida
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-12-20 21:21:33

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, H. Nadhif, S.Ag, M.Si mengingatkan pentingnya penguatan ketahan keluarga. Hal itu disampaikannya saat Pelaksanaan Uji Publik Modul Peningkatan Kapasitas Penghulu dan Sosialisasi Aplikasi Konseling Digital (Akida) Melalui Konseling Hirarki pada Program Pusaka Sakinah DIY di Yogyakarta, Jumat (18/12/2020).

“Keluarga menjadi pondasi penting dalam hidup berbangsa dan bernegara, keluarga yang berkualitas menjadi orientasi pembangunan nasional berkelanjutan,” ungkapnya. Namun, menurut Nadhif, pihaknya melihat problematika kehidupan dengan realita rapuhnya ketahan keluarga. “Hal itu dapat dilihat dari angka perceraian yang masih tinggi dengan 5500 pasang keluarga setiap tahun dan rendahnya jumlah klien yang memanfaatkan konselor di KUA,” terang Nadhif di hadapan 40 orang peserta se-DIY.

Lebih lanjut, tujuan inovasi program pusaka sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) sebagai upaya wujudkan ketahanan keluarga di DIY melaui konseling hierarki dan Akida. “Dalam upaya menciptakan ketahan keluarga melalui peran masyarakat melalui konseling hierarki berjenjang mulai dari masjid, Kantor Desa dan KUA dan konseling melalui Akida. Tentunya, peran Penyuluh Agama Islam Non PNS dapat bergerak untuk melakukan pendampingan membantu takmir sebelum ke kalurahan Desa dan KUA,” sambungnya.

Sementara, Konselor Desa Pendowoharjo yang juga ketua FKPAI KUA Kapanewon Sewon, Drs. H. Syahroini Djamil sebagai peserta sosilalisai mengatakan gagasan dari Kabid Urais sangat membantunya di lapangan. “Kami sangat terbantu adanya Konseling Hierarki, jadi kami akan mendapatkan informasi dari takmir masjid tentang klien tersebut,” ujarnya. (rus/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 81

Bagikan