MTsN 9 Bantul Tasyarufkan Hasil Infak ODOT untuk Siswa Kurang Mampu


MTsN 9 Bantul Tasyarufkan Hasil Infak ODOT untuk Siswa Kurang Mampu
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-12-12 09:52:09

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Masa pandemi yang telah berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020 hingga saat ini membuat banyak orang terkena dampaknya, tak terkecuali orang tua siswa MTsN 9 Bantul. Kesulitan ekonomi ini membuat beberapa orang tua siswa MTsN 9 Bantul terpaksa belum bisa melunasi iuran komite madrasah tahun pelajaran 2019/2020 yang lalu. Hal inilah yang mendasari MTsN 9 Bantul mengambil langkah responsif untuk membantu meringankan kewajiban orang tua siswa terkait pembayaran iuran komite pada tahun 2019/2020.

“Kemarin kami mendapat laporan dari komite bahwa pada tahun pelajaran 2019/2020 yang lalu, beberapa siswa yang saat ini telah duduk di kelas VIII dan IX masih ada yang memiliki tagihan iuran komite. Lalu dari pihak madrasah memutuskan untuk menyalurkan dana infak ODOT siswa untuk membantu orang tua siswa yang terkena dampak covid-19 dan masih memiliki tagihan pembayaran iuran komite,” ungkap Siti Retno Machromah, S.H., pengelola One Day One Thousand (ODOT) sekaligus guru Bahasa Indonesia MTsN 9 Bantul.

Untuk membantu pentasyarufan dana infak ODOT siswa ini agar tepat sasaran, wali kelas VIII dan IX MTsN 9 Bantul diminta untuk menyetorkan 4 nama siswa yang layak mendapatkan bantuan. Pendataan siswa oleh wali kelas ini agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran karena wali kelas cukup sering menjalin komunikasi dengan orang tua siswa sehingga cukup mengetahui keadaan dari orang tua siswa yang ada di kelasnya.

“Kemarin saya diWA oleh Bu Retno untuk mendata 4 siswa dari kelas VIII D yang orang tuanya terkena dampak covid-19 serta masih memiliki tagihan iuran komite pada tahun pelajaran 2019/2020,” ungkap Amin Iskandar, wali kelas VIII D MTsN 9 Bantul. 

Setelah data penerima bantuan terkumpul dari masing-masing wali kelas, selanjutnya siswa penerima bantuan diundang ke MTsN 9 Bantul pada Sabtu (05/12) untuk menerima bantuan yang diserahkan langsung oleh pengelola ODOT. Adapun penerima bantuan berjumlah 32 siswa terdiri dari siswa kelas VIII A hingga VIII D serta siswa kelas IX A hingga IX D, masing-masing 4 siswa penerima tiap kelas. Bantuan yang diberikan untuk tiap siswa berjumlah Rp250.000 dan harus digunakan untuk membayar tagihan iuran komite tahun pelajaran 2019/2020 melalui bendahara komite.

“Alhamdulillah saya kemarin mendapat undangan dari MTsN 9 Bantul untuk menerima bantuan infak ODOT untuk membayar iuran komite tahun pelajaran 2019/2020. Saya mendapat bantuan sejumlah Rp250.000. Dengan bantuan ini saya dan orang tua saya merasa sangat terbantu,” ungkap Rahmat Fauzi, siswa kelas IX B, penerima bantuan infak ODOT. (dn) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 90

Bagikan