Semangat Kebersamaan dalam Perayaan Idul Kurban di MTs N 8 Sleman


Semangat Kebersamaan dalam Perayaan Idul Kurban di MTs N 8 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-13 13:31:45

Sleman (MTs N 8) - MTs N 8 Sleman berusaha memaksimalkan momentum Hari Raya Idul Adha 1440 H sebagai media pembelajaran untuk para siswa. Kepala Madrasah Drs. H. Sigit Sugandono mengajak seluruh siswa-siswi untuk memahami makna berkurban yang biasa dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha tiap tahunnya.

Dalam sambutannya, Ia menjelaskan kepada siswa tentang makna kurban yaitu sebagai bentuk pendekatan hamba kepada Sang Pencipta dan sebagai komitmen kepedulian sosial, antara yang mampu kepada yang tidak mampu serta melatih pengobanan dan keikhlasan.

Semangat Kebersamaan dalam Perayaan Idul Kurban di MTs N 8 Sleman

Semangat Kebersamaan dalam Perayaan Idul Kurban di MTs N 8 Sleman

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di halaman madrasah,  Selasa (13/8) bertepatan dengan tanggal 12 Dzulhijah 1440 H. Hewan kurban yang disembelih berupa satu ekor sapi seharga 25 juta rupiah dan seekor kambing seharga 3,3 juta rupiah yang sudah diserahkan kepada takmir masjid An Nuur, Sabtu (10/8) di dusun Pelemsari. Hewan kurban tersebut merupakan hasil iuran bersama guru, karyawan, dan siswa MTs N 8 Sleman.

Menurut ketua panitia kurban Tanaya Yuka Prihatma, S.S, kegiatan tersebut untuk melatih siswa melaksanakan salah satu ritual agama yaitu penyembelihan hewan kurban. Pesan moral atau spirit dari kurban sebenarnya adalah rela berkurban. Jika kita ingin mencapai kebaikan, kita harus mengorbankan sesuatu, tidak hanya harta tetapi juga waktu, pikiran, dan lain sebagainya. 

Salah satu bentuk pengorbanan bagi siswa adalah waktu yang harus digunakan untuk belajar dengan giat agar mencapai nilai yang baik. "Hal tersebut menjadi salah satu karakter yang dapat dibanggakan bagi siswa, yaitu pengorban. Ini merupakan pendidikan karakter bagi siswa,” ungkap Tanaya.

Sementara itu menurut Waka Humas MTs N 8 Sleman Jumanudin, S.Ag, M.Pd.I, menyatakan tujuan dari peringatan Hari Raya Idul Adha ini adalah meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT, meneladani sifat dan sikap Nabi Ibrahim dan Ismail alaihissalam. "Juga untuk menumbuhkan kesadaran dan peran serta umat Islam untuk berkurban dalam upaya menumbuhkan kecintaan kepada sesama serta memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhwah Islamiyah diantara keluarga besar MTs N 8 Sleman dengan masyarakat sekitar," jelas Jumanudin. 

Dalam agenda ini daging hewan kurban dibagikan kepada siswa dan masyarakat sekitar madrasah, selain itu juga dilangsungkan lomba memasak olahan daging kurban oleh para siswa dengan tujuan untuk mempererat kebersamaan dan gotong royong. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 362

Bagikan