Tanamkan Niat Haji Sejak Dini, MTsN 9 Bantul Gelar Latihan Manasik Haji


Tanamkan Niat Haji Sejak Dini, MTsN 9 Bantul Gelar Latihan Manasik Haji
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-13 08:36:56

Bantul (MTsN 9)--Melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu merupakan rukun Islam yang kelima. Pembelajaran tentang haji di MTsN 9 Bantul tidak hanya dilaksanakan di ruang kelas dalam bentuk teori. Tetapi juga melalui praktik di luar kelas.

Dalam rangka memfasilitasi kegiatan pembelajaran di luar kelas ini MTsN 9 Bantul menggelar kegiatan latihan manasik haji. Kegiatan digelar Senin (12/8) di halaman madrasah dengan peserta seluruh siswa mulai kelas VII sampai dengan IX di bawah bimbingan para guru.    

Ketua Panitia, Asfari menyampaikan bahwa untuk kegiatan latihan manasik haji yang pertama ini dlakukan di madrasah. "Alhamdulillah dengan pembagian tempat yang tertata semua dapat terfasilitasi," ungkap Asfari.

Lebih lanjut Asfari menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai wujud penanaman niat ibadah haji sejak dini. "Selain sebagai praktik pelajaran Fiqih, kegiatan ini sebagai penanaman niat haji sejak dini. Harapannya siswa mempunyai gambaran bagaimana pelaksanaan haji di Tanah Suci," ujarnya lagi.

Sejak pagi, halaman MTsN 9 Bantul dipadati siswa dengan pakaian ihram. Ketika ditanya tentang bagaimana tanggapan orangtua siswa, Rosyid, Waka Kesiswaan, menegaskan bahwa orangtua mendukung dan tidak merasa keberatan.

"Pakaian ihram sudah disediakan oleh sekolah. Termasuk kerikil untuk lempar jumrah, air minum untuk air zam-zam, dan snack untuk siswa," kata Rosyid.

Menurut Kepala Madrasah, Miftakhul Bakhri khusus kelas IX mulai tahun ini akan ada pelatihan manasik yang lebih mendalam. Rencananya akan dilaksanakan bulan September 2019 di Fatimah Azzahra Semarang. (and/nsh)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 473

Bagikan