MIN 12 Gunungkidul Ikuti Bimtek Penerapan EDM Dan e-RKAM


MIN 12 Gunungkidul Ikuti Bimtek Penerapan EDM Dan e-RKAM Bimtek EDM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-12-07 08:28:47

Ngawen (MIN 12 Gunungkidul) - Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan  Aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (ERKAM) dalam rangka implementasi EDM dan ERKAM oleh Tim Inti Kabupaten Gunungkidul kepada Lembaga Pendidikan di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul yang dilaksanakan Senin-Sabtu 30 November sampai 12 Desember 2020 di Ruang Aula MTsN 8 Gunungkidul. Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 118 lembaga RA, MI, MTs dan MA baik negeri maupun swasta se Kabupaten Gunungkidul.

RKAM merupakan rincian penusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang diambil dari hasil EDM. Madrasah dapat mengidentifikasi dan mengetahui kekuatan ,kelemahan yang ada di madrasah serta aspek aspek yang perlu ditingkatkan melalui EDM. EDM itu sendiri meripalam suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan penddikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah yang berdasarkan indokator-indokator yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

MIN 12 Gunungkidul Ikuti Bimtek Penerapan EDM Dan e-RKAM

MIN 12 Gunungkidul Ikuti Bimtek Penerapan EDM Dan e-RKAM

MIN 12 Gunungkidul Ikuti Bimtek Penerapan EDM Dan e-RKAM

Implementasi Bimtek Penerapan EDM dan ERKAM diikuti oleh 354 peserta dari 118 lembaga pendidikan tahun anggaran  2020. Acara dibuka oleh TIM Inti Kabupaten dan dilanjut dengan Materi Bimtek oleh Narasumber yang terdiri Wahidin, S.Ag. M.Pd dan Purwata S.Pd.M.SI.

Materi yang disampaikan mengenai Google Suite for Education dan Aplikasi EDM dan RKAM berbasis web kepada peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara dan Staff/Opertor yang diharapkan dapat menerapkan aplikasi ini. Diharapkan bimtek ini akan mempermudah kegiatan dan menambah kelancaran pembelajaran di madrasah.

"Penerapan EDM dan RKAM dapat berjalan dan baik dan lancar di madrasah jika ada kerjasama, keterbukaan, kemauan dan semangat dari para cyvitas akademika di madrasah masing masing yaitu kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua dan kemauan membuka diri akan kekurangan yang ada di madrasah", jelas Wahidin selaku pemateri. 

Purwata juga menambahkan bahwa keseriusan, kesemangatan dan kemauan dalam mengikuti bimtek sampai selesai akan menghasilkan apa yang diharapkan dari tujuan dasar dari bimtek ini. (slm)

Kontributor : MIN12GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 375

Bagikan