MIN 2 Kulon Progo Juara Favorit Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional


MIN 2 Kulon Progo Juara Favorit Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional Hasil kejuaran yang telah didapat guru MIN 2 KP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-12-06 09:31:04

Kulon Progo (MIN2KP) – Salah satu guru MIN 2 Kulon Progo, Sri Handani Widiyaningrum, telah berhasil sebagai juara peserta favorit lomba cipta puisi tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Event Sastra RimaPu, yang di ikuti oleh 138 peserta. Mengingat kondisi baru pandemi, maka kegiatan ini di laksanakan secara online, Sabtu (28/11/2020).

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi semua guru madrasahnya yang maju lomba. ”Saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi, bila ada guru yang mengikuti event literasi seperti ini untuk kemajuannya, karena guru dituntut untuk lebih aktif dalam berbagai kegiatan. Terlebih di masa Covid-19 saat ini, harus pandai untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya mengikuti kegiatan yang mendukung profesinya,” tutur Etik.

MIN 2 Kulon Progo Juara Favorit Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional

MIN 2 Kulon Progo Juara Favorit Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional

Sementara menurut Ketua Penyelenggara, Rima Putri Utami mengatakan bahwa lomba tersebut untuk meningkatkan minat baca.  “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, karena selama ini data dari UNESCO bahwa keinginan baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,0001%. Ini artinya dari 1000 orang Indonesia hanya 1 orang yang rajin membaca. Oleh karena itu sebagai penyelenggara kegiatan berusaha untuk meningkatkan minat baca seluruh masyarakat, khususnya generasi muda,” urainya.

“Adapun pelaksanaan pengiriman naskah pada tanggal 25 Oktober-12 November 2020, alhamdulillah banyak peserta yang ikut dalam event ini, dengan mengirimkan karya terbaiknya. Sebagian besar dari peserta anak remaja dengan semangat yang tinggi. Setelah mengirimkan naskah, akhirnya dikumpulkan menjadi sebuah buku Antalogi Puisi yang berjudul Sajak Tentang Dia dengan No ISBN 978-623-283-897-0,” lanjut Rima.

Menurut Sri Handani Widiyaningrum, dirinya mengaku mendapat banyak manfaat dari kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, terutama kepada generasi muda yang memiliki minat dan bakat dalam menulis. Dengan menulis akan muncul ide dan gagasan tentang apa yang kita pikir serta rasakan.  Semoga tulisan kita bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Alhamdulillah saya termasuk di antara salah satu peserta yang bisa mengikuti event ini, sehingga ilmu serta teman saya bertambah, sebagai bonus saya sebagai juara favorit,” katanya. (dan/abi)

Kontributor : MIN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 213

Bagikan