Sunaryadi, S.Pd, Guru MTsN 1 Bantul Ajak Jamaah Memerhatikan Dosa Zahir dan Batin


Sunaryadi, S.Pd, Guru MTsN 1 Bantul Ajak Jamaah Memerhatikan Dosa Zahir dan Batin Sunaryadi, S.Pd sedang berkhutbah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-12-05 04:54:35

Bantul (MTsN 1 Bantul)—Guru Penjas Orkes MTs Negeri 1 Bantul mengajak jamaah Masjid Al Huda Dokaran Tamanan Sewon Bantul untuk memerhatikan dosa zahir dan dosa batin. Dalam khotbah Jumatnya Sunaryadi menyampaikan bahwa dosa zahir adalah dosa yang berkait dengan orang lain misalnya kita mengumpat, memaki, mengambil milik orang lain. Dosa ini segera kita ketahui manakala orang lain tersebut bereaksi dan mengklarifikasi tindakan kita. Kesalahan kita segera bisa diketahui.

“Dosa zahir bisa segera kita ketahui karena orang lain dapat memberi tahu kita bahwa kita salah dan berdosa, namun dosa batin, dosa yang berkait dengan hati diri kita sendiri ini susah untuk diketahui bahkan merasa tidak berdosa. Contoh dosa batin ini adalah iri, dengki, suka pamer atau riya, sombong, dan lain-lain. Dosa batin ini sangat sulit disadari atau diketahui sebab seolah-olah tidak ada yang salah. Awalnya rasa percaya diri, ini adalah sifat yang baik, namun bila berlanjut sifat atau rasa percaya diri ini bisa berubah menjadi sombong atau takabur,” kata Sunaryadi dalam khotbahnya, Jumat (4/12/2020).

Sunaryadi, S.Pd, Guru MTsN 1 Bantul Ajak Jamaah Memerhatikan Dosa Zahir dan Batin

Sunaryadi, S.Pd, Guru MTsN 1 Bantul Ajak Jamaah Memerhatikan Dosa Zahir dan Batin

MTs Negeri 1 Bantul mendapatkan amanah untuk memberi  khotbah Jumat di Masjid Al Huda Dokaran Tamanan Bantul pada setiap hari Jumat Wage. Kerja sama ini sudah berlangsung sangat lama, dan MTs Negeri 1 Bantul menjadwalkan guru-gurunya untuk menjadi khotib. Hanya, untuk bulan April hingga Oktober 2020 kegiatan salat Jumat di Masjid Al Huda tidak diselenggarakan karena wabah Covid-19. Perlu diketahui bahwa Masjid Al Huda ini berada di pinggir jalan raya sehingga jamaah masjid pada salat Jumat sebagian besar adalah orang luar yang bukan penduduk asli. Setelah salat Jumat, jamaah disediakan makanan dan minuman ala kadarnya. (vic)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 234

Bagikan