Membangun Kesalehan Siswa: MTs.N 6 Sleman Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban


Membangun Kesalehan Siswa: MTs.N 6 Sleman Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-12 14:39:11

Sleman (MTsN 6 Sleman) - Idul Adha merupakan momen penting bagi umat Islam untuk membangun kesalehan, baik secara pribadi maupun sosial. Sejarah Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya merupakan wujud pribadi yang secara totalitas telah menjadikan dirinya seorang hamba yang saleh secara paripurna. Demikian disampaikan Kepala MTsN 6 Sleman Drs. Abdul Hadi, S.Pd, M.Pd.I sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Senin (12/8) di halaman MTsN 6 Sleman.


Lebih lanjut Abdul Hadi memaparkan terkait syariat Islam yang memerintahkan untuk membagikan daging kurban. "Hal ini untuk mengingatkan bahwa kesalehan secara pribadi harus pula tercermin juga secara sosial," ungkapnya selanjutnya.

Sebagaimana tahun sebelumnya, pada tahun ini MTsN 6 Sleman menyembelih dua ekor lembu. Satu ekor lembu merupakan iuran para siswa sebagai upaya melatih berkurban sementara satu ekor lainnya adalah kurban dari para guru dan pegawai beserta wali murid. Abdul Hadi mengimbau kepada para guru untuk berkurban di madrasah. Selanjutnya daging kurban dibagikan kepada warga masyarakat di sekitar lingkungan madrasah, yaitu warga Rogoyudan Sinduadi Mlati Seman. Para siswa juga diberikan daging kurban untuk lomba memasak yang diikuti oleh seluruh siswa sebanyak 475. Para siswa terbagi dalam beberapa kelompok.

Abdul Hadi berharap, kegiatan penyembelihan hewan kurban ini mampu menyadarkan seluruh civitas academika akan pentingnya membangun pribadi saleh sebagaimana tercermin pada diri pribadi Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail.

Kontributor : MTSN6SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 259

Bagikan