MTsN 4 Bantul Kembali Selenggarakan PAS Menggunakan E-Learning


MTsN 4 Bantul Kembali Selenggarakan PAS Menggunakan E-Learning
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-27 20:09:11

Bantul (MTsN 4 Bantul)—Mengakhiri Pembelajaran semester Ganjil Tahun 2020/2021, MTsN 4 Bantul selenggarakan ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) secara daring dengan menggunakan E-Learning. Pelaksanaan PAS ini dimulai Tanggal 27 November sampai 5 Desember 2020. PAS MTsN 4 Bantul diikuti oleh 676 siswa, dimana palaksanaan pada hari pertama cukup lancar, Jumat (27/11/2020).

Sistem daring menjadi satu pilihan di masa pandemi yang belum kelar. Disamping beberapa kendala yang dimunkinkan timbul seperti koneksi jaringan, dan keterbatasan fasilitas HP/Laptop siswa, namun sistem ini dirasa masih cukup efektif untuk diterapkan. Berbagai kendala tersebut telah diantisipasi madrasah dengan memberikan ruang atau tempat bagi siswa yang terkendala jaringan dan fasilitas HP. Pada hari pertama ini terdapat tiga siswa yang terkendala jaringan, sehingga diarahkan untuk mengerjakan ujian di ruang Lab Komputer madrasah.

Pelaksanaan PAS bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik selama satu semester, mengukur materi pelajaran yang diberikan oleh guru-guru mata pelajaran melalui kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah. Pelaksanaan PAS madrasah diikuti serempak oleh seluruh MTs di Kabupaten Bantul.

Kepala Madrasah, Siti Solichah,S.Pd menghimbau kepada guru agar pada pelaksanaan PAS ini tetap mengedepankan kejujuran dalam mengerjakan ujian. “Karakter kejujuran hendaknya selalu ditekankan kepada siswa, dan berikan penghargaan pada siswa yang selalu mengupayakan kejujuran dalam mengerjakan ujian,” ujarnya.

Ujian PAS yang dilaksanakan sehari dua mata pelajaran ini diharapkan akan memberikan data obyektif capaian ketuntasan siswa dalam mengikuti pelajaran selama semester ganjil ini. Selanjutnya MTsN 4 Bantul direncanakan akan membuka kelas tatap muka pada Semester genap nanti dengan tetap memperhatikan social distancing dan protocol kesehatan yang ketat. (khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 171

Bagikan