Keren, Dalang Cilik Darul Qur’an Meriahkan Hari Santri 2020


Keren, Dalang Cilik Darul Qur’an Meriahkan Hari Santri 2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-26 13:46:57

Gunungkidul (PPDQWI) – Memperingati Hari Santri 2020 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gunungkidul menggelar pagelaran wayang kulit pada Rabu, (21/10) pukul 21.00 wib di Komplek Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad.

Pagelaran wayang kulit ini menarik untuk di tonton, sebab dalangnya adalah Fakhri Shodiq santri Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad. Fakhri biasa dipanggil lahir pada tanggal 30 Maret 2005. Anak pertama dari pasangan Ashari dan Imamia Mardini ini sejak kecil sudah terlihat bakat dalangnya sejak umur 4 tahun. Bermula ketika Fakhri melihat wayangan di dekat rumah, awal mulanya bisa jelas huruf “R” ketika menyebutkan nama Werkudara. Kemudian minta dimasukkan les pedhalangan, akan tetapi sanggar pedhalangan belum memperbolehkannya sampai menunggu usia SD.

Setelah masuk kelas 1 SD, Fakhri sudah tidak sabar ingin masuk sanggar, dan setelah berlatih kurang lebih 2 bulan, Fakhri kecil sudah berani tampil. Beberapa event dia ikuti, dari festival demi festival dia ikuti, dan tak salah, sejak festival diadakan tahun 2013, tak pernah luput dari raihan prestasi kejuaraan. Prestasi terakhir, Fakhri pernah tampil dalam pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (AKSIOMA) Nasional tahun 2017 yang saat itu DIY menjadi tuan rumah.

Dalam pagelaran wayang kulit tersebut, Fakhri mengangkat lakon “Bima Bothok” yang menceritakan pertarungan antara Bima dengan raja raksasa pemakan daging manusia, yaitu Prabu Bakah raja Ekacakra. Pesan hari santri juga tak luput ditampilkan dalam pagelaran wayang kulit tersebut, mulai dari ditetapkannya hari santri oleh presiden jokowi sampai menceritakan perjuangan para santri dalam mempertahankan NKRI dari para penjajah, “santri kui ora mung iso ngaji al-Qur’an, ngaji kitab, nanging santri kui ugo iso maju perang, iso ndalang barang, ojo sembrono” ungkap fakhri.

Silahkan tonton selengkapnya penampilan Dalang Cilik Fakhri Shodiq di Channel Youtube Darul Qur’an melalui link https://youtu.be/Tx_ruJbeN2k. Jangan Lupa… Like, Comment, Share and Subscribe!. (I2m)

Kontributor : MADQWONOSARI
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 138

Bagikan