MTsN 3 Sleman Sumbang Hewan Qurban


MTsN 3 Sleman Sumbang  Hewan Qurban Kepala Madrasah bersama para pengurus takmir masjid penerima hewan qurban
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-11 13:42:05

Sleman (MTsN 3 Sleman)  — Bertepatan dengan hari Arafah 9 Dzulhijah1440 H atau 10 Agustus 2019, MTsN 3 Sleman menyumbangkan  hewan qurban kepada kaum dhuafa melalui instansi pendidikan/takmir masjid di wilayah sekitar madrasah. Enam (6) dusun menerima sumbangan hewan qurban tersebut, yaitu Rejosari, Pajangan, Dolo, Pokoh, Wonosari, dan Demangan serta tiga (3) sekolah, yaitu SD Sempu, SD Pokoh, dan MTs Anwar Futhuhiyah. Semuanya berada di wilayah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Dana untuk pembelian hewan qurban ini berasal dari sumbangan suka rela siswa, guru, dan karyawan MTsN 3 Sleman baik yg berstatus sebagai PNS maupun Non-PNS. Dana yang terkumpul sebesar Rp. 25.200.000,00  yang selanjutnya dipergunakan untuk pengadaan kambing yang memenuhi syarat untuk qurban sejumlah Sembilan (9) ekor.

Tujuan kegiatan penyaluran bantuan tersebut dalam rangka Hari Idul Qurban itu adalah untuk menanamkan kebiasaan kepedulian sosial di kalangan siswa MTsN 3 Sleman dengan membantu, menolong, peduli terhadap lingkungan sosial, dan yang terpenting akhirnya mereka memiliki sikap gemar dan ikhlas berkoban untuk kemashalakhatan umat, agama dan negara tercinta yaitu negara kesatuan Republik Indonesia.

“Ibadah qurban sudah dimulai sejak zaman Nabi Adam A.S. melalui putranya yang bernama Habil dengan menyembelih seekor domba. Perintah berqurban dalam Al-Qur’an diwahyukan kepada Nabi Ibrahim A.S. untuk menyembelih putranya Nabi Ismail A.S. Pada masa kerasulan Nabi Muhammad S.A.W, syariat hukum berkurban diperkuat dengan turunnya wahyu dalam Surat Al-Kautsar ayat (2) Fa salli li rabbika wanhar yang berarti maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” tutur Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan H. Masruri, S.Pd.I dalam acara serah terima hewan qurban kepada takmir masjid yang hadir di MTsN 3 Sleman. Kegiatan penyerahan hewan qurban tersebut diawali dengan mujahadah dan doa bersama yang dipimpin oleh Syaiful Mustafa, S.Pd di halaman madrasah.

Kepala MTsN 3 Sleman Dra. Hj. Sri Haryati Handayani berharap kegiatan qurban ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun untuk memperkuat dan memantapkan karakter siswa MTsN 3 Sleman yang semakin peduli terhadap sesama dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.  (dhe)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 401

Bagikan