Pencairan Bantuan PIP MIN 2 Kulon Progo Lancar


Pencairan Bantuan PIP MIN 2 Kulon Progo Lancar Para wali penerima PIP antri dalam pengisian blangko
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-22 22:37:34

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo telah berhasil membagikan Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar (PIP) Tahap III Tahun Anggaran 2020. Berdasarkan Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Tahun 2020, sebanyak 19 siswa MIN 2 Kulon Progo menerima bantuan PIP. Hal itu diungkapkan Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti Di sela-sela kesibukan di madrasahnya, Senin (9/11/2020).

“Penerimaan sekarang merupakan yang ketiga, sebelumnya juga sudah dilaksanakan pencairan. Di samping itu pencairan yang sekarang merupakan pengajuan pada semester awal tahun kemarin melalui data emis, adapun rinciannya sejumlah 19 siswa tersebut, 17 siswa kelas dua, yang merupakan pengajuan awal sewaktu masih kelas satu, 1 siswa kelas lima, dan 1 siswa kelas enam sebagai data tambahan,” ungkap  Etik.

Pencairan Bantuan PIP MIN 2 Kulon Progo Lancar

Pencairan Bantuan PIP MIN 2 Kulon Progo Lancar

Pencairan Bantuan PIP MIN 2 Kulon Progo Lancar

Sementara itu menurut Pengadministrasi Keuangan, Agus Salim Nasution  mengatakan bahwa setiap siswa masuk madrasah berbagai macam kartu jaminan sosial untuk dikumpulkan. “Untuk memudahkan pendataan, begitu masuk di madrasah, siswa yang memiliki bermacam-macam kartu jaminan sosial untuk dikumpulkan melalui guru kelas. Sedangkan PIP merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah, yang berasal dari keluarga tidak mampu, dengan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, ataupun korban bencana alam. PIP ini merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin,” terangnya.

“Dari pihak madarasah hanya bisa menjembatani pencairan saja, sedangkan pelaksananya kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang dituju. Kebetulan siswa MIN 2 Kulon Progo di Cabang Wates, dan Kantor Kementerian Agama untuk mendapatkan nomor virtual atau nomor rekening. Yang sebelumnya dari pihak madrasah memberikan surat keterangan, yang menerangkan bahwa siswa tersebut merupakan siswa MIN 2 Kulon Progo dan berhak menerima bantuan sosial PIP, dibuktikan dengan nomor virtual dari Kemenag. Dari 19 siswa MIN 2 Kulon Progo sebagaian besar sudah mengurus di BRI. Semoga dengan penciran bantuan sosial ini, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan siswa,” pungkasnya. (dan/abi).

Kontributor : MIN2KP
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 242

Bagikan