Ajang IYIA 2020, MTsN 1 Yogyakarta Mendulang 3 Medali Emas


Ajang IYIA 2020, MTsN 1 Yogyakarta Mendulang 3 Medali Emas Tim "Betel Leaves and Mangosteen Peel Handsanitizer" MTsN 1 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-22 21:25:43

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) – MTsN 1 Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi di salah satu ajang  internasional. Kali ini 3 medali emas dibawa pulang oleh 3 tim peneliti dari MTsN 1 Yogyakarta dari  ajang International Young Inventors Award (IYIA 2020) setelah bersaing dengan ratusan peserta dari berbagai negara di berbagai belahan duni. Lomba tahunan yang ditujukan untuk para peneliti muda ini diselenggarakan oleh Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).

Kepala Madrasah Drs Muhammad Iriyadi mengaku bangga dengan prestasi para siswa yang telah mengharumkan nama MTsN 1 Yogyakarta di ajang Internasional. Iriyadi memberikan selamat untuk siswa dan guru baik guru pendamping maupun guru pembimbing. “Semoga di kesempatan berikutnya Matsayo dapat mendulang medali  lebih  banyak lagi,” ujar Iriyadi dalam rilis yang diterima Humas, Senin (23/11/2020).

Ajang IYIA 2020, MTsN 1 Yogyakarta Mendulang 3 Medali Emas

Ajang IYIA 2020, MTsN 1 Yogyakarta Mendulang 3 Medali Emas

Ajang IYIA 2020, MTsN 1 Yogyakarta Mendulang 3 Medali Emas

Koordinator Kelas Riset Ruslina Tri Astuti menjelaskan dalam ajang ini Matsayo telah mengirimkan empat tim peneliti. Tiga di antaranya berhasil mendapatkan medali emas atas 3 hasil penelitian yang diikutsertakan. Satu tim yang tertinggal masih berjuang memperebutkan medali perak. “Yang membanggakan dari para siswa yang berlaga adalah mereka sanggup bekerja dan belajar lebih keras lagi pada masa pandemi ini," tambah Ruslina.

Tiga hasil penelitian siswa dari MTsN 1 Yogyakarta yang berhasil meraih medali emas dalam IYIA 2020 yaitu: “Arduino Based Automatic Open Close Mask System” yang digawangi oleh 5 siswa yaitu Zaid Dian Prasetyo, Akbar Maghribi Zaka, Najwa Diva Katrina, Nada Fithriyah, dan Muhammad Nur Raihan; kemudian penelitian lain yang berjudul “Betel Leaves and Mangosteen Peel Handsanitizer” yang diusung oleh Ferlia Febriana, Gniwa Trang Amana, Meyliana Putri Nugraheni, Intijatus Sholikhah Cahyani, dan Nafisya Al Khansa, serta “The Innovation Of The Environment-Friendly Wereng Pest Trap Based On UV And Surprise Electricity” yang diciptakan oleh Arneal Rafi Apriliano, Pikra Candra Winata, Jaskia Fauziah Fadilsh, Raisa Fadlina Ashara, dan Denise Nabilanafi Zamnuri.

Ketiga judul tersebut akan kembali berlaga di babak berikutnya untuk memperebutkan Grand Award 2020 bersaing dengan perserta lain dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, Singapura, Hongkong, Thailand, Turki, Ukraina, Vietnam, Srilanka, Swedia, dan Amerika Serikat. “Kami memohon doa restunya kepada seluruh warga Matsayo untuk kesuksesan tim peneliti kita pada ajang-ajang selanjutnya. Semoga madrasah semakin hebat bertamartabat," pungkas Ruslina. (Tim Publikasi Matsayo)

#tetapsemangat

#jagakesehatan

#lawancovid19

 

 

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 317

Bagikan