Tiga Siswa MTsN 8 Sleman Bertarung di Babak Final KSM Provinsi DIY


Tiga Siswa MTsN 8 Sleman Bertarung di Babak Final KSM Provinsi DIY
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-18 22:25:31

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi D.I. Yogyakarta memasuki babak final. Setelah sebelumnya diadakan secara online pada 31 Oktober 2020, peringkat dua puluh teratas dari tiap mata pelajaran Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi dikumpulkan menjadi satu untuk kemudian diadakan babak final dengan mengambil lokasi di MTsN 1 Yogyakarta, Rabu (18/11/2020).

Seperti diutarakan oleh Waka Kesiswaan, Drs. Muhamad Ali Nursalim, M.Pd.I., bahwa babak final KSMO ini secara juknis berbeda dengan pelaksaan sebelumnya, dimana pada babak final tidak menggunakan sistem online kembali. “Merujuk pada undangan dari Panitia, ketentuan pelaksanaan final KSM Propinsi menggunakan paper based test, soal essay dengan alokasi waktu satu jam,” terang Ali Nursalim.

“Dua puluh teratas dari masing-masing mapel semuanya berkumpul di MTsN 1 Yogyakarta untuk dilakukan babak final, Alhamdulillah MTsN 8 Sleman bisa mengirimkan tiga wakil di babak final kali ini,” tambahnya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seluruh peserta tampak serius mengikuti babak final ini. Dimana untuk jenjang MTs didadakan dalam satu sesi dengan durasi 1 jam dari pukul 09.30 - 10.30. Usai mengerjakan soal, salah satu wakil dari MTsN 8 Sleman, Nina Setyo Wulandari mengatakan, tingkat kesulitas soal setara dengan KSM Nasional. “Jumlah soal ada 5, menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab, juga disuruh menerangkan kutipan yang ada di Al-Qur’an, jadi cukup susah, tapi Alhamdulillah semua bisa terjawab,” ujar siswa kelas 9A tersebut.

Salah satu pembimbing, Etyk Mardiyah, S.Pd. mengaku cukup optimis pada ajang KSM Propinsi ini, ada beberapa contoh soal yang telah dibahas melalui pembimbingan sebelumnya. “Ada beberapa latihan soal yang telah dibahas dengan Azril keluar di soal KSM Propinsi, sebelumnya kita rutin berlatih soal tipe Olimpiade dari tahun – tahun sebelumnya, Insya Allah membuahkan hasil yang terbaik,” ujar pembimbing Matematika Terintegrasi tersebut.

Sementara itu, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. yang sedang mengikuti pelatihan kamad, melalui pesan singkat berpesan kepada para wakil dari MTsN 8 Sleman untuk berusaha maksimal dalam ajang tersebut. “Kita sudah cukup bangga dengan mengirimkan tiga wakil di tingkat Provinsi, semoga hasil terbaik didapatkan anak–anak kita, tetap semangat dan berusaha semaksimal mungkin,” pesan Jazim. (imm)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 145

Bagikan