Workshop Peningkatan Mutu Madrasah, Kabag TU Ingatkan Optimalisasi Madrasah di Masa Pandemi


Workshop Peningkatan Mutu Madrasah, Kabag TU Ingatkan Optimalisasi Madrasah di Masa Pandemi
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-11-18 07:26:59

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY menggelar Workshop Peningkatan Mutu Madrasah. Kegiatan diikuti 50 kepala MAN dan MTsN se-DIY, digelar Senin-Rabu (16-18/11/2020) di Hotel Harper Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag DIY, Muhammad Wahib Jamil, Senin (16/11/2020) malam, menyampaikan tentang Optimalisasi Layanan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19. Jamil menyebut bahwa lebih dari satu semester kegiatan belajar mengajar (KBM) hampir sepenuhnya dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Workshop Peningkatan Mutu Madrasah, Kabag TU Ingatkan Optimalisasi Madrasah di Masa Pandemi

“Kondisi ini menyebabkan guru, anak, orang tua, dan semua komponen sudah mengalami kejenuhan,” ungkapnya. Kendati demikian, imbuh Jamil, kualitas lulusan madrasah tetap harus baik dan optimal. “Sebab tuntutan masyarakat, orangtua, pemerintah semakin tinggi,” sambungnya lagi.

Untuk itu pihaknya meminta agar orientasi madrasah tidak boleh tercerabut dari substansi nilai-nilai madrasah. “Yakni antara lain Keislaman yang Moderat, Keindonesiaan, Kemandirian, Keumatan, Keilmuan, dan Kemodernan, Integratif atau Interconnectif dengan Multi Disiplin, Inter Disiplin dan Trans Disiplin,” urainya.

Jamil lantas menawarkan upaya optimalisasi yang dapat ditempuh madrasah. “Pertama, optimalisasi sumber daya baik dari segi anggaran, SDM dan potensi madrasah,” ujarnya. Khusus untuk optimalisasi pengembangan SDM, Jamil juga mengungkapkan bahwa Kanwil Kemenag DIY saat ini telah memiliki Human Recources Development (HRD)-Center. “HRD-Center ini dapat menjadi mitra bagi madrasah untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di lembaga pendidikan kita,” terang Jamil.

Kedua, tetap menumbuhkan kreativitas, inovasi, keselarasan dan spiritualitas. Ketiga, koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak secara berjenjang. “Keempat, menjaga orientasi pada kualitas pendidikan di madrasah,” beber Jamil.

“Mari kita tingkatkan kualitas dan kompetensi semua unsur di madrasah, jangan sampai terjebak zona nyaman,” tandas Jamil seraya berpesan agar lompatan kualitas madrasah di DIY untuk menjadi World Class Education bukan slogan semata tapi realitas.(bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 330

Bagikan